Rabu, 30 November 2011

Tulisan 2


Franchise asing yang berhasil di indonesia
Maraknya produk-produk makanan cepat saji bermerek asing yang masuk ke Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kehadiran restoran cepat saji McDonald pada tahun 1991 yang kemudian meraih kesuksesan dalam penjualan produknya. Berdasarkan data yang diperoleh di www.wirausaha.com/waralaba McDonald sebenarnya bukan merupakan restoran cepat saji pertama yang hadir di Indonesia. Adalah Burger King yang mengawalinya. Namun semenjak McDonald hadir di Indonesia, Burger King harus gulung tikar karena konsumennya beralih ke McDonald.
Di negara asalnya yaitu Amerika Serikat, McDonald merupakan restoran cepat saji yang terbesar. Sukses McDonald sangat meyakinkan, tahun 1993 total aset jualnya mencapai USD 23,6 miliar dengan laba sekitar USD 1,6 miliar per tahun (Ritzer, 2002 : 2). Kesuksesan McDonald di negara asalnya memberi dampak yang cukup besar bagi negara-negara franchise di luar Amerika yang salah satunya adalah Indonesia. Kehadiran McDonald di Indonesia sebagai franchise dari McDonald Amerika memberi keuntungan lebih pada image restoran cepat saji tersebut. Masyarakat yang mengenal McDonald sebagai produk “impor” akan merasa memiliki gengsi lebih ketika mampu mengkonsumsi produk-produk makanan restoran cepat saji tersebut. Kesuksesan McDonald membawa babak baru konsumerisme masyarakat Indonesia.
Euforia yang terjadi ketika McDonald dibuka pertama kali di Indonesia tercermin dari banyaknya orang yang menyerbu restoran baru itu dan membentuk antrean panjang. Mereka begitu sabar menunggu berlama-lama hanya sekadar untuk menikmati hamburger dan kentang goreng renyah, padahal tak jauh dari lokasi itu, di kawasan Grand Hyatt, Burger King salah satu saingan McDonald’s, juga dari Amerika sudah lebih dulu hadir. Burger King juga memiliki konsumen tersendiri dan memiliki lokasi yang strategis. Namun sejarah akhirnya mencatat dalam waktu yang singkat, Burger King akhirnya harus gulung tikar dan menutup restorannya di seluruh Indonesia (www.sinarharapan.co.id). Dan euforia ini terus berlanjut bertahun-tahun. Kesuksesan McDonald di Indonesia ini tidak dapat dilepaskan dari adanya sifat konsumtif masyarakat yang silau dengan image asing yang melekat pada wajah McDonald.

Franchise dan Dinasti McDonald
Walaupun Franchise dipopulerkan di negara Amerika Serikat, namun asal mula kata Franchise berawal dari Eropa, yaitu Perancis dan Inggris. Kata Franchise sendiri bermakna "kebebasan" (Freedom). Di masa itu, bangsawan diberikan wewenang oleh raja untuk menjadi tuan tanah pada daerah-daerah tertentu. Pada daerah tersebut, sang bangsawan dapat memanfaatkan tanah yang dikuasainya dengan imbalan pajak/upeti yang dikembalikan kepada kerajaan. Sistem tersebut menyerupai royalti, seperti layaknya bentuk Franchise saat ini.
Franchise = Waralaba
Di Indonesia, kata “Franchise” ditransalasikan sebagai “Waralaba” (wara=lebih; laba=untung), jadi waralaba berarti “Lebih Untung”. Pertumbuhan Franchise di Indonesia berawal dari masuknya waralaba asing pada tahun 80-90an. KFC, McDonalds, Burger King, Wendys adalah sebagian dari jejaring waralaba asing yang masuk ke Indonesia pada awal-awal berkembangnya Franchise di Indonesia. Perusahaan-perusahaan waralaba lokal pun mulai bertumbuhan pada masa itu, salah satunya adalah yang termasuk pelopor waralaba lokal yaitu Es Teler 77 (http://www.wirausaha.com/waralaba/37-sejarah_waralaba.html). Namun, dari banyak perusahaan waralaba yang ada di Indonesia, McDonald lah yang paling sukses.
Sejarah McDonald
Restoran cepat saji McDonald pertama kali didirikan oleh kakak beradik Dick dan Mac McDonald pada tahun 1940. Awalnya mereka memiliki sebuah gerai hotdog bernama “Airdome” yang berada di Arcadia, California. Mereka kemudian menutup “Airdome” dan membuka restoran McDonald pertama di Route 66, San Bernardino, California. Restoran ini menjadi favorit para remaja pada masa itu. Makanan yang pertama-tama dijual adalah hamburger, kentang (french fries), dan minuman ringan. Ternyata restoran ini meraup keuntungan yang luar biasa besar sehingga McDonald bersaudara pun membuka cabang-cabangnya di banyak kota di Amerika Serikat. (http://ms.wikipedia.org/wiki/Sejarah_McDonald)

Prinsip penerapan franchise pada restoran cepat saji McDonald sebenarnya bukan berasal dari kakak-beradik Dick dan Mac McDonald. Adalah Ray Kroc penggagasnya. Ia mendirikan “McDonald’s Systems, Inc” pada tahun 1955. Inilah cikal bakal sistem franchise yang membuat restoran cepat saji McDonald mendunia. McDonald membuka outlet ke-12.000 pada 22 Maret 1991. Di akhir 1993, ia telah memiliki sekitar 14.000 restoran di seluruh dunia. (Ritzer, 2002 : 2)


McDonald di Indonesia
Restoran McDonald sendiri masuk ke Indonesia pertama kali pada 22 Februari 1991 berlokasi di kawasan Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Pemilik franchise tersebut adalah Bambang Nuryatno Rachmadi. Orang yang di kemudian hari menjadi Presiden Direktur McDonald’s Indonesia. McDonald’s dari satu restoran kemudian berkembang dengan cepat sehingga dalam kurun waktu lima tahun jumlah ouletnya telah mencapai 60 dan menjelang tragedi Mei 1998, restoran ini telah melampaui angka 100. Krisis ekonomi sempat membuat McDonald’s menutup sekitar 14 outletnya, namun akhirnya pada akhir 2001 jumlah restorannya kembali mencapai angka 100. Tahun ini menurut rencana akan dibuka lagi 10 hingga 15 outlet baru. (http://www.sinarharapan.co.id/berita/0202/14/eko04.html)
Dalam memasarkan produknya di Indonesia, McDonalds menyesuaikan menu yang mereka sajikan dengan menu sehari-hari masyarakat Indonesia. Ini terlihat dari adanya menu nasi. Jika pada restoran McDonald lain tidak tersedia nasi, maka di Indonesia nasi menjadi salah satu menu utama dengan lauk ayam goreng renyah. Selain itu, pada beberapa daerah di Indonesia, racikan bumbu ayamnya disesuaikan dengan selera dan bumbu lokal. Seperti yang ada di salah satu outlet McDonald di Palembang, mereka membuat ayam goreng yang bumbunya khas Sumatera yaitu pedas. Porsi burgernya pun disesuaikan dengan porsi orang Indonesia. Tidak terlalu besar seperti yang biasa dijual di negara asal. Ini tentunya mempermudah penerimaan masyarakat akan hadirnya McDonald.
Selain itu, McDonald juga menarik perhatian anak-anak dengan memperkenalkan Ronald McDonald dan Happy Meal. Keberadaan keduanya sukses menarik hati anak-anak kecil untuk datang ke McDonald. McDonald memperkenalkan maskotnya yang berupa seorang badut pria. Karakteristik badut yang lucu merupakan sarana promosi jitu untuk membuat anak-anak kecil mengajak (ataupun memaksa) orangtuanya untuk makan di McDonald. Sedangkan Happy Meal merupakan sebuah paket menu makanan dan minuman yang menyediakan hadiah berupa mainan. Mainan ini berupa tokoh-tokoh film kartun yang digemari anak-anak. Ini merupakan media pemasaran efektif untuk meningkatkan pemasukan.
Tidak hanya anak-anak, McDonald juga memikat para remaja pelajar sekolah menengah maupun mahasiswa dengan menawarkan konsep paket hemat. Hemat dari sisi ekonomis. Dengan uang yang pas-pasan, remaja tetap dapat menikmati makan enak di McDonald.




           Keuntungan usaha franchise asing :
            1. tingkat kegagalan waralaba asing di Indonesia hanya berkisar 2% – 3 %
                2. tingkat konsumtif masyarakat sekarang sangat tinggi terhadap brand atau merk asing
                3. Manajemen dan pengelolaan keuangan waralaba asing lebih terbuka, jujur dan apa adanya

            Dampak positif bagi perekonomian di Indonesia :
          Dampak positifnya bagi perekonomian di Indonesia adalah dapat membantu mengatasi  pengangguran 
           karena semakin terbukannya lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan perekonomian di indonesia  
            Dampak negative bagi perekonomian di Indonesia :
            Dampak negatifnya adalah mematikan usaha dari pedagang kecil yang kalah bersaing.

5 komentar:

agen judi terpercaya dan terlengkap mengatakan...


agen casino indonesia
agen judi sbobet
agen sbobet indonesia
agen sbo
agen sbobet terpercaya
agen sbobet
agen sbo terpercaya
agen judi terpercaya
sbosports
agent sbobet
agen sbobet indonesia
bandar judi terpercaya
agen judi bola terpercaya
agen judi ibcbet
sbobet indonesia
agen bola online
bandar judi bola
master agen betting online
bandar bola sbobet terpercaya
judi online


BANDARQ
Agen Poker
situs poker
poker online
Judi Poker Online
situs poker online terpercaya
Poker Online Terpercaya
poker uang asli
Domino QQ
Domino Poker
Capsa Online
QQ Online
Ceme Online
Blackjack Online
Poker Online Indonesia
Agen poker online
poker online asli
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
situs poker uang asli


agen sbobet
poker uang asli
situs agen bola terbaik
judi casino online
agen ibcbet

situs judi online
poker online
agen judi bola
agen judi terpercaya dan terlengkap
judi online

slot games at mgm national harbor mengatakan...

Good topic, this is going to help a lot of people free slot games in malaysai
get the whole concept. You are a extremely clever person!

SCR888 Cafe mengatakan...

I really love your weblog, Its great to find not slot game 918kiss absolutely everyone is just posting a ton of rubbish these days!

3win8 mengatakan...

You have a very good site, well constructed and very interesting i have bookmarked you, hopefully you keep posting new stuff, 3win8 test account many thanks

Edward Sosa mengatakan...

I have been reading a lot of stuff about it. but it is different mega888 online presented, i loved to read this. keep it up.