Sabtu, 15 Oktober 2011

Tugas 3

Perusahaan adalah : suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan menkordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan

Letak perusahaan adalah tempat di mana perusahaan melakukan kegiatan bisnisnya. Letak perusahaan tidak mempunyai pengertian yang sama dengan kedudukan perusahaan. Kedudukan perusahaan adalah tempat di mana kantor pusat perusahaan berada. Persoalan tentang pemilihan letak perusahaan bukan saja timbul sewaktu mendirikan perusahaan, tetapi juga sewaktu perusahaan sudah menjalankan kegiatan bisnisnya.

Pemilihan letak perusahaan yang tepat sangat menentukan keberhasilan perusahaan, dan karena itu juga sangat menentukan dalam kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, sebelum mendirikan suatu perusahaan, perlu dipertimbangkan dengan sangat matang tentang pemilihan lokasi yang sekiranya dapat memberikan keuntungan yang paling maksimal. Kesalahan dalam memilih lokasi suatu badan usaha bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar, dan juga membuang waktu secara percuma. Pemilihan letak yang tepat akan menjadi penentu bagi keberhasilan atau kegagalan perusahaan anda. Anda tentu tidak ingin membuang percuma modal yang anda miliki untuk sesuatu yang tidak memberikan keuntungan bagi anda. Pertimbangan dan perhitungan yang matang tentang persoalan pemilihan lokasi tersebut akan menjadi teman anda atau justru akan menjadi musuh anda dalam menjalankan operasional perusahaan.

Perbedaan letak perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan terletak pada fungsinya. Tempat kedudukan berfungsi sebagai tempat administrasi perusahaan tersebut dan cenderung ke kota-kota besar, sedangkan letak perusahaan berfungsi sebagai tempat mengelolah produk.
 
contoh perusahaan Berdasarkan tempat perusahaan : 
1. PT Pertamina -->  perusahaan pengeboran minyak bumi.
lokasi : Jalan medan Merdeka Timur 1A Jakarta.
2. PT Perkebunan Nusantara ( PTTN) --> perusahaan di bidang perkebunan.
lokasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
3.PT KAI ( Kereta Api Indonesia ) Perusahaan di bidang jasa angkutan darat.
lokasi : Bandung.
4. PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) --> perusahaan jasa angkutan darat.
lokasi : Jakarta Pusat.
5. PT Semen Gresik --> perusahaan semen.
lokasi : Gresik.
Berdasarkan letak perusahaan

a. Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah di tetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan.
contoh : PT Daelim Indonesia ( kawasan industri cikarang ) dan PT Bintan Inti Industrial Estate ( kawasan industri pulau gadung ).


b. Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis.
Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
contoh : PT Tonga Tiur Putra ( perusahaan udang di cirebon ) dan PT Santha Buana Bali ( perusahaan batik di Denpasar ).


c. Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak bisa di pilih-pilih karena sudah dipilih oleh alam.
contoh : PT Badak Liquid Natural Gas dan PT Pupuk Kaltim ( Tambang emas di Bontang Kaltim ).


d. Lokasi perusahaan yang mengikuti fakto-faktor ekonomi
Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersediaan tenaga kerja, kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
contoh : PT Gudang Garam(berdasarkan bahan baku tembakau)
http://lidya-novita.blogspot.com
http://p4hrul.wordpress.com
http://yunibaktimaria.blogspot.com 


0 komentar: