Selasa, 18 Oktober 2011

Tugas 4

ETIKA BISNIS
Etika bisnis merupakan penerapan tanggung jawab sosial. suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. dimana bisnis selalu berhubungan dengan aktivitas dan masalah masalah yang ada dalam perusahaan disebut dengan etika pergaulan bisnis. 
5 etika pergaulan bisnis : 
   1.Hubungan antara pelanggan bisnis/konsumen
hubungan antara bisnis dengan pelanggannya merupakan hubungan bisnis yang paling banyak dilakukan, oleh karena itu bisnis haruslah menjaga etika dan pergaulannya secara baik dalam hal ini. adapun pergaulannya dengan pelanggan, misalnya sebagai berikut :
a. kemasan yang berbeda-beda membuat konsumen sulit untuk membedakan atau mengadakan perbandingan harga terhadap produknya.
b. bungkus atau kemasan membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi di dalamnya, sehingga produsen perlu memberikan kejelasan tentang isi serta kandungan zat-zat yang terdapat di dalam produk itu.
c. promosi terutama iklan merupakan gangguan etis yang paling utama.oleh karena itulah maka sampai saat inipun TVRI masih melarang ditayangkannnya iklan dalam siarannya sejak awal 1980-an
d.Pemberian servis dan terutama garansi adalah merupakan tindakan yang sangat etis  bagi suatu bisnis. sangatlah tidak etis suatu bisnis yang menjual produknya yang ternyata jelek (busuk) atau tidak layak pakai tetap saja tidak mau mengganti produknya tersebut kepada pembelinya.
   2.hubungan dengan karyawan
manager yang pada umumnya selalu berpandangan untuk memajukan bisnisnya sering kali berurusan dengan etika pergaulan dengan karyawannya. pergaulan bisnis dengan karyawannya ini meliputi beberpa hal yaitu, penarikan (recruitment), latihan (training), promosi atau kenaikan pangkat, transfer, demosi(penurunan pangkat),maupun lay off atau pemecatan/PHK. didalam menarik tenaga kerja haruslah dijaga adanya penerimaan yang jujur sesuai dengan hasil seleksi yang telah dilaksanakan. seringkali terjadi hasil seleksi yang tidak diperhatikan akan tetapi yang diteima adalah peserta atau calon yang berasal dari anggota keluarga sendiri. disamping itu tiak jarang seorang manager yang mencoba menaikan pangkat para karyawannya dari grnrrasi muda yang dianggapnya sangat potensial dalam rangka membawa organisasi menjadi lebih dinamis, akan tetapi hal tersebut mendapat protes keras dari para karyawan generasi tua. masalah lain lagi dan yang paling rawan adalah masalah pengeluaran karyawan atau drop out (DO)/PHK. masalah ini perlu mendapat perhatian khusus dari para manager karena masalah ini tidak saja menyangkut etik akan tetapi juga masalah kemanusiaan. karyawan yang di PHK tentu saja akan kehilangan mata pencahariaannya yang menjadi tumpuan hidup dia bersama keluargannya.
   3.Hubungan Antar Bisnis
hubungan ini merupakan hubungan antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. hal ini bisa terjadi hubungan perusahaan dengan pesaingnya, dengan penyakurnya, dengan grosirnya, dengan pengecernya, agen tunggalnya maupun distributornya. dalam kegiatan sehari-hari hubungan tersebut sering terjadi benturan -benturan kepentingan keduanya. dlama hal itu dituntut danya etika pergaulan bisnis yang baik.
   4.Hubungan Dengan Investor
perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas dan terutama yang akan atau telah go public haruslah menjaga pemberian informasi yang baik atau jujur dari bisnisnya kepada para investor atau calon investornya. informasi yang tidak jujur akan menjerumuskan untuk mengambil keputusan  yang keliru. dalam hal ini perlu mendapat perhatian yang serius karena dewasa ini di indonesia sedang mengalami lonjakan kegiatan pasar modal. banyak permintaan dari para pengusaha yang ingin menjadi emiten yang akan menjual sahamnya(mengemisi sahamnya) kepada masyarakat. di pihak lain masyarakat juga snagat berkeinginan untuk memanamkan uangnya dalam bentuk pembelian saham atau surat berharga lain yang diemisi oleh perusahaan di pasar modal. oleh karena itu masyarakat calon pemodal yang ingin membeli saham haruslah diberikan informasi secara lengkap dan benar mengenai prospek perusahaan yang go public tersebut. jangan sampai terjadi adanya manipulasi atau penipuan terhadap informasi atas hal ini.
   5.Hubungan Dengan Lembaga Keuangan
hubungan denganlembaga keuangan terutama jawatan pajak pada umumnya hubungan pergaulan yang bersifat finansial. hubungan ini berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan yang berupa neraca dan laporan laba  rugi misalnya laporan finansial yang disusun secara benar sehingga tidak terjadi kecenderunga ke arah penggelapan pajak. keadaan tersebut merupakan etika bisnis yang tidak baik.

sumber :
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Dr.%20Moerdiyanto,%20M.Pd./DIKTAT%20MEMBANGUN%20ETIKA%20BISNIS%20KEWIRAUSAHAAN-4.pdf

1 komentar:

Ferry mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya y mbak...
silakan berkunjung ke blog saya.. :)