Sabtu, 05 Oktober 2013

Penentuan Harga Jual dengan Konsep Biaya Total

Penentuan harga jual 
harga jual produk / jasa pada umumnya ditentukan dari semua biaya ditambah jumlah tertentu yang disebut mark up

cara penentuan harga jual tersebut disebut dengan pendekatan cost plus 
ada 3 konsep yang digunakan untuk menentukan harga jual dengan pendekatan cost plus yaitu :
1. biaya total (total cost)
2. biaya produk ( product cost )
3. biaya variabel (variable cost )

 Biaya Total
harga jual ditentukan dari biaya total = biaya produksi + biaya pemasaran + biaya administrasi + laba yang diinginkan 

Mark up = laba yang diinginkan = menaikan harga

langkah- langkah pendekatan cost plus dengan konsep biaya total :
1.menentukan besarnya biaya produksi (BBB,BTK,BOP)
2.biaya produksi ditambah dengan biaya pemasaran dan biaya lain lain = biaya total
3.biaya total dibagi dengan jumlah unit untuk memperoleh biaya perunit
4.menentukan jumlah mark up = jumlah laba yang ditahan 
5.menentukan prosentase mark up dari biaya total yang dihitung dari jumlah laba yang diinginkan dibagi biaya total
6.persentase markup dikali biaya perunit = markup perunit
7.harga jual perunit ditentukan dari biaya perunit + markup perunit

contoh :

data mengenai produksi biaya dan laba yang dikehendaki adalah :
jumlah barang yang diproduksi / terjual = 10.000 unit
biaya variabel per unit :
BBB= Rp.120
BTKL= Rp. 400
BOP = Rp. 60
Biaya pemasaran = Rp. 40
Biaya administrasi dan umum = Rp. 20

biaya tetap :
BOP = Rp. 2.000.000
Biaya pemasaran = Rp. 600.000
Biaya Administrasi dan umum = Rp. 200.000

laba yang dikehendaki sebesar 20% dari jumlah aktiva yang digunakan Rp. 20.700.000
hitung besarnya harga jual !

jawab :

biaya variabel 
BBB ( 120 x 10.000 unit )                                    = 1.200.000
BTKL ( 400 x 10.000 unit )                                 = 4.000.000
BOP ( 60 x 10.000 unit )                                     =    600.000 +
                                                                               5.800.000
biaya tetap
BOP                                                                     = 2.000.000 +
biaya Produksi                                                      = 7.800.000
biaya pemasaran V (40x10.000)                            =   400.000
biaya administrasi V (20x10.000)                           =   200.000
biaya pemasaran T                                                 =   600.000
biaya asministrasi T                                                =   200.000 +
biaya total                                                                9.200.000

biaya perunit = biaya total = 9.200.000  = 920
                         jml unit           10.000                   
                
mark up = 20% x 20.700.000 = 4.140.000

prosentase mark up = jml laba diinginkan = 4.140.000 = 0,45 = 45 %
                                    by.total                   9.200.000

markup perunit = % markup x biaya perunit
                        = 0,45         x 920
                        = 414

harga jual perunit = by perunit + markup/unit
                           = 920         + 414
                           = 1334

0 komentar: