Minggu, 06 Oktober 2013

Pulau Tidung

Mencari tempat liburan di sekitar jakarta ? tidak salahnya mencoba pulau tidung. Pulau tidung merupakan satu dari ratusan pulau yang ada di kepulauan seribu. Jarak tempuh dari jakarta (pelabuhan muara angke) menuju pulau tidung kurang lebih sekitar 2 jam. Sebelum pergi kesana, sebaiknya mencari tempat penginapan / homestay terlebih dahulu dari jauh - jauh hari, karena biasanya penginapan di pulau tidung akan penuh selama liburan.
Liburan tahun lalu, saya sekeluarga memutuskan untuk berkunjung ke sini, sehari sebelumnya saya telah memesan homestay disana, namanya homestay Tyas, biaya sewa per malam sebesar Rp 350.000. Sebenarnya banyak sekali paket wisata pulau tidung yang bisa dipilih dengan beragam fasilitas,  tapi paket wisata biasanya dihitung per orang, semakin banyak jumlah orangnya maka semakin murah biaya yang harus dikeluarkan. Biaya per orang untuk paket wisata biasanya lebih dari Rp 300.000 tapi itu sudah termasuk homestay, makan, snorkeling, dll...
Pagi-pagi sekali saya berangkat kesana, karena kapal mandala yang membawa kami kesana berangkat pukul 06.30.
saya naik kereta menuju stasiun jakarta kota, dan dilanjutkan dengan naik taksi menuju pelabuhan muara angke. sesampainya di pelabuhan muara angke, ternyata kapalnya sudah berangkat. padahal saya hanya telat beberapa menit saja. saya berinisiatif cari kapal lain, dan beruntung dapat kapal terakhir yang ke pulau tidung, namanya Citra Jet 02. tapi ternyata tiket kapal ini lebih mahal dari pada kapal yang sebelumnya. kapal mandala atau bahtera harga tiketnya adalah Rp 35.000 per orang. sedangkan kapal Citra jet 02 harganya Rp 100.000 per orang. jauh banget bedanya...
karena tidak ada pilihan lain, terpaksa saya memutuskan untuk naik kapal ini, tapi beruntung, khusus untuk saya sekeluarga harga tiket turun menjadi Rp 75.000.
kapal ini sangat berbeda dengan kapal yang sebelumnya, kapal ini memiliki tempat duduk untuk tiap penumpang, terdapat toilet, dan nyaman. sedangkan kapal yang sebelumnya tidak ada toilet, sistem tempat duduk untuk penumpang lesehan, dan sempit sekali. 

suasana pelabuhan Muara Angke yang kotor dan berbau tidak sedap




pukul 07.15 kapal  Citra Jet 02 berangkat dari pelabuhan Muara Angke


pukul 07.30, terlihat pulau bidadari dari kejauhan

setelah melewati pulau bidadari, akan terlihat pulau onrust

Pukul 09.00 saya sampai di pelabuhan Pulau Tidung...warna lautnya biru jernih, tidak seperti jakarta yang hitam pekat. 


di pelabuhan banyak sampah yang dibuang ke laut, sayang sekali kan kalau lautnya tidak dijaga. 


setelah sampai, saya langsung menuju homestay Tyas yang ternyata tidak jauh dari pelabuhan. pemilik homestay ini sangat ramah, homestaynya juga nyaman dan bersih. di dalamnya terdapat TV, AC, kipas angin, 1 kamar mandi yang cukup luas, 1 kamar yang terdiri dari 3 kasur dan 6 bantal, beberapa sofa di teras. sayangnya air di penginapan ini agak asin karena terletak di dekat laut. jadi jika ingin mencari homestay yang airnya tawar, sebaiknya memilih yang letaknya berada di tengah pulau.
di depan penginapan ada penyewaan sepeda seharga Rp 15.000 perhari. penginapan ini jauh dari pantai utama, sehingga harus jalan kaki atau naik kendaraan untuk kesana.

sebenarnya rumahnya berwarna biru, tapi saya lupa mengambil fotonya

hari pertama langsung menjelajah, rencananya ingin bermain air di pantai, foto foto di jembatan cinta dan mengunjungi pulau tidung kecil. 



pantai di pinggir jalan 

gerbang masuk jembata cinta

pantai utama






jembatan cinta yang menghubungkan pulau tidung besar dan pulau tidung kecil



menyebrang menuju pulau tidung kecil

pulau tidung kecil lebih sepi dari pada pulau tidung besar, jarang sekali rumah penduduk disini dan masih terdapat pepohonan rimbun serta jalan setapak. saya memutuskan untuk tidak menjelajah di pulau tidung kecil ini, karena sangat sepi, tetapi pantai disini lebih bersih dari pada di pulau tidung besar.

hari kedua, pagi pagi sekali saya sekeluarga jalan jalan keliling pulau bagian barat menggunakan sepeda. ternyata pantainya sangat sepi dan pasir yang sangat putih dan lembut. disini juga banyak sekali kelomang. saya mengambilnya untuk dibawa pulang kerumah.


setelah bersepeda, acara selanjutnya adalah snorkeling sampai sore, di pantai ada tempat penyewaan alat alat snorkeling seharga Rp 35.000 seharian. selain itu ada juga penyewaan kano, banana boat, jet ski, dll...




hari ketiga aku pulang pagi pagi sekali, kali ini mencoba naik kapal yang harga tiketnya Rp 35.000. jam 7 kurang, kapal sudah penuh penumpang. aku naik di lantai dua. setiap penumpang mendapat pelampung untuk keselamatan. kapal ini duduknya lesehan, jadi siap siap pegal pegal kalau sempit, dan goncangan ombaknya sangat terasa, jadi siap siap mabuk laut.

akhirnya sampai juga di jakarta... sebelum pulang, belanja dulu di pasar muara angke
ada ikan, udang, cumi, lobster, kepiting, dll...



review pulau tidung :
kelebihan :
- pemandangannya sangat bagus
- dekat dari jakarta
- transportasi mudah
- biaya murah
- pengunjung bisa menyewa sepeda, becak, atau motor untuk keliling pulau
-banyaknya home stay dan paket wisata kesana

kekurangan :
-  makanan seafood sangat sulit didapat dan harganya mahal
- sulitnya mendapatkan es kelapa muda, padahal di daerah pantai
- sudah mulai banyak sampah di pinggir pantainya
- udaranya sangat panas





9 komentar:

rasan riau mengatakan...

wawww keren banget artikelnya :D
BTW pulau tidung itu dmn yah mba dan kira-kira apa aja yang bagus di pulau tidung mba
heheheh

dika malinau mengatakan...

Bukannya pulau tidung ada di kalimantan yah mba, kan jauh kalau dari jakarta untuk wisata ke pulau tidung di kalimanatan

aan palu mengatakan...

ini beneran mba kalau pulau tidung itu ada di jakarta
kira-kira butuh biaya berapa mba untuk sampai ke pulau tidung ari jakarta ?

Astri Novianti mengatakan...

@rasan riau : thank youuu :D, pulau tidung di kepulauan seribu jakarta...
yang bagus... buat snorkeling pemula bagus, pemandangan'a keren, air lautnya jernih banget, jadi bisa ngeliat karang karang di dalam laut..

Astri Novianti mengatakan...

@dika malinau : di kalimantan juga ada....tapi saya berkunjungnya ke pulau tidung yang di jakarta :)

Astri Novianti mengatakan...

@aan palu : beneran lah....masa saya bohong...
kalau biaya, tergantung kamu rumahnya di mana, trus tergantung kamu kesana pas liburan atau hari biasa, karena pas liburan biasanya harga homestay dll naik, trus tergantung kamu naik kapal laut yang mana...yang murah atau yang mahal...

Arif mengatakan...

bisa di share nmr kontak yang punya home stay dong sis, tks

Unknown mengatakan...

Helooo,,,, kunjung ke blog saya ya,,,

Pulau tidung
Wisata Pulau Tidung
Paket Pulau Tidung
Wisata Pulau Tidung
Paket pulau Tidung

kresna bayu mengatakan...

apakah benar pulau pari ada mitos dengan pasir perawannya?