Senin, 18 Juni 2012

faktor faktor yang mempengaruhi kurs

perubahan dalam citarasa masyarakat
cita rasa masyarakat emmpengaruhi corak konsumsi mreka. maka perubvahan citarasa masyarakat akan megubah corak konsumsi mreka keatas barang bvarang yang diproduksikan didalam negri maupun yang diimpor. perbaikan kualitas barang barang dalam negri menyebabkan keinginan mengimpor berkurang dan ia dapat pula menaikan ekspor. sednagkan perbaikan kualitas barang barang impor menyebabkan keinginan masyarakatb untuk mengimpor beratmbah besar.
 perubaha perubaghan ini akan mempengaruhi perminatan dan penawaran valuta asing.

perubahan harga barang ekspor dan impor
harga sesuatu barang merupakan alah satu faktor penting yang menentukan apakah sesuatu barang akan diimpor atau diekspor. barang barang dalam negri yang dapat dijual dengan harga yang relatif murah akan menaikan ekspor dan apabila harganya naik maka eksporya aka berkurang. barang impor akan mengiurangi impor. dengan demikian [perubahan harga harga barang ekspor dan impor akan menyebabkan perubahan dalam penawaran dan peminatan ketas mata uang negar tersebut.

kenaikan harga umum (inflasi)
inflasi sangat besar pengaruhnya kepada kurs pertukaran valuta asing. inflasi yang berlaku pada umumnya cenderung untuk menurunkan nilai valuta asing. kecenderungan seperti ini wujud disebabakan efek inflasi berikut :
(i) infalsi menyebabkan harga didalam negri lebih mahal dari pada harga harga diluar negri dan oleh sebab itu inflasi berkecenderungan bertambah impor
(ii) inflasi menyebabkan harga harga ekspor menjadi lebih mahal oleh sebab itu inflasi berkecenderungan mengurangi ekspor
keadaan (i) menyebabkan permintaan keatas valuta asing bertambah dan keadaan (ii) menyebabkan penawaran keatas valuta asing berkurang maka harga valuta asing akan bertambah(berarti harga mata uang negara yang mengalami inflasi merosot)

perubahan suku bunga dan tingkat pengembalian inflasi
suu bunga dan tingkat pengembalian inflasi sangta penting perananya dalam mempengaruhi aliran modal. suku bunga dan tingkat pengembalian investasi yang rendah cenderung akan menyebabkan modal dalam negri mengalir keluar negri dan sebaliknya. nilai mata uang suatu negara akan merosot apabila lebih banyak  modal negara dialirkan ke luar negri karna suku bunga dan tingkat pengembalian modal investasi yang lebih tinggi di negara lain.

pertumbuhan ekonomi
efek yang akan diakibatkan oleh kemajuan ekonomi kepada nilai mata uangnya tergantung kepada corak pertumbuhan eknoomi yang berlaku . apabila kemajuan itu terutama diakibatkan oleh perkembangan ekspor, maka permintaan keatas mata uang negar itu akan bertambah lebih cepat dari penawarannya dan oleh karena itu mata uang negara tersebut naik. akan tetapi apabila kemajuan tersebut meyebabkan impor berkembang lebih cepat dari ekspor , penawaran mata uang itu akan lebih cepat bertambah permintaanya dan oleh karenanya nilai mata uang negara tersebut akan merosot. 

0 komentar: