Jumat, 22 Juni 2012

Teori Manajemen Klasik




Robert Owen(1771-1858)


Robert owen adalah manajer pabrik pemintalan kapas di new lanark, skotlandia. Robert bowen melakukan pengamatan dan hasil pengamatannya adalah bilamana terhadap mesin diadakan suatu perawatan yang baik maka akan memberikan keuntungan kepada perusahaan, demikian pula halnya pada tenaga kerja, apabila tenaga kerja dipelihara dan dirawat dengan baik (adanya kompensasi, kesehatan, tunjangan, dsb) oleh pimpinan perusahaan maka akan memberikan keuntungan kepada perusahaan. Atas penelitiannya robert owen dikenal sebagai bapak manajemen personalia. Robert owen juga salah seorang pendiri gerakan koperasi konsumsi.


 Charles babbage(1792-1871)


Charles babbage adalah seorang profesor matematika dari inggris yang menaruh minat pada bidang manajemen yaitu pada operasi operasi pabrik yang dilakukan secara efisien. Dia percaya aplikasi prinsip ilmiah pada proses kerja akan menaikan produktivitas dari tenaga kerja dan menurunkan biaya, karna pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien.


Perhetiannnya diarahkan dalam hal pembagian kerja (division of labour) yang mempunyai beberapa keunggulan :


1.Waktu yang diperlukan untuk belajar dari pengalaman baru


2. banyaknya waktu yang terbuang bila sesorang berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, dan orang tersebut harus menyesuaikan pekerjaan barunya sehingga menghambat kemajuan dan keterampilan pekerja, untuk itu perlu dilakukan spesialisasi dalam pekerjaannya.


3. kecakapan dan keahlian seseorang bertambah karena seorang pekerja bekerja terus menerus dalam tugasnya


4. adanya perhatian pada pekerjaannya, sehingga dapat meresapi alat alatnya karena perhatianya pada itu itu saja


Kontribusi lain dari Charles babbage yaitu menciptakan mesin hitung (calculator) mekanis yang pertama, mengembangkan program permainan komputer, membuat skema perencanaan pembagian keuntungan, dll.

0 komentar: