Senin, 18 Juni 2012

jenis jenis pajak

Pajak Langsung 

pajak langsung berarti jenis pungutan pemerintah yang secara langsung dikumpulkan dari pihak yang wajib membayar pajak. setiap individu yang bekerja dan perusahaan yang menjalankan kegiatan yang diperoleh keuntungan wajib membayar pajak. pajak yang dipungut dan dikenakan keatas pendapatan mereka dinamakan pajak yaitu pajak yang secara langsung dipungut dari orang yang berkewajiban membayar pajak.

pajak tak langsung


pajak tak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dipindahtangankan kepada pihak lain. contohnya adalah pajak impor, pjk penjualan.
mula mula yang membayar pajak adalah perusahaan perusahaaan yang mengimpor barang, akan tetapi pada saat menjual barang impor tersebut, pengimpor akan menambahkan pajak impor yang dibayarnya dalam menentukan harga penjualannya, sehingga keuntungannya tidak berkurang. pada akhirnya pembeli yang akan membayar pajak.


 pajak regresif

sistem pajak yang presentasi pungutan pajaknya menrun apabila pendapatan yang dikenakan pajak makin tinggi dinamakan pajak regresif. nilai pajak yang sama besranya tanpa memperhatikan pendapatan seseorang digolongklan sebagai pajak regresif. pajak impor dan penjualan dapat digolongkan sebagai pajak regresif, yaitu kepada orang kaya pajak tersebut merupakan sebagian kecil pendapatannya. tetapi umtuk orang msikin ia meliputi presentase yang lebih besar kepada pendapatannya. pembayaran fiskal untuk orang yang berpergian keluar negri merupakan contoh lain dari pajak regresif.

pajak proporsional


presentasi pungutan pajak yang tetap besaranya pada berbagai tingkat pendapatan disebut pajak proporsional. dalam sisitem pajak ini tidak dibedakan antara yang kaya dan yang miskin, perusahaan besar maupun perusahahan kecil mreka harus membayar pajak menurut presentasi yang tetap. walau bagaimanapun, dalam nilai nominalnya, makin tinggi pendapatan atau kekayaan makin tinggu pula jumlah pajak yang dibayar . dibanyak negara sistem pajak ini digunakan dalam memungut pajak pendapatan perusahaan perseroan.

pajak progresif

adalah sistem pajak yang presentasinya bertambah apabila pendapatan semakin meningkat. 


0 komentar: