Minggu, 17 Juni 2012

masalah pengangguran

cara untuk menggolongkan pengangguran :

berdasarkan sumber /penyebab yang mewujudkan pengangguran tersebut
berdasarkan kepada ciri pengangguran yang wujud

jenis pengangguran berdasarkan penyebabnya :

  • pengangguran normal/friksional
apabila dalam suatu ekonomi terdapat pengangguran sebanyak dua atau tiga persen dari jumlah tenaga kerja maka ekonomi itu sudah dipandang sebagai mencapai kesempatan kerja penuh.
pengangguran sebanyak dua  atau tiga persen tersebut dinamakan pengangguran normal/penggangguran friksional. para penganggur ini tidak ada pekerjaan bukan karena tidak dapat memperoleh kerja , tetapi karena sedang mencari kerja yang lebih baik.

  • pengangguran siklikal
jika permintaan agregat menurun dengan banyaknya. misalnya di negara negara produsen bahan mentah pertanian. penurunan ini mungkin disebabkan oleh kemerosotan harga harga komoditas. kemunduran ini menimbulkan efek kepada perusahaan perusahaan lainyang berhubungan yang juga akan mengalami kemerosotan dalam permintaan terhadap produksinya dan mengakibatkan perusahaan perusahaaan mengurangi pekerjanya atau menutup perusahaannya, maka pengangguran bertambah. pengangguran tersebut dinamakan pengangguran siklikal.
  • pengangguran struktural
pengangguran struktural disebabkan oleh perubahan struktur kegiatan ekonomi
  • pengangguran teknologi 
pengangguran teknologi disebabkan oleh penggunaan mesin mesin dan kemajuan teknologi seperti penggantian tenaga kerja manusia oleh robot robot untuk mempercepat produksi.

jenis jenis pengangguran berdasarkan cirinya


  • pengangguran terbuka
pengangguran ini tercipta karena pertambahan lowongan kerja lebih rebdah dari pada pertambahan tenaga kerja. efek dari keadaan ini didalam suatu jangka masa yang cukup panjang mereka tidak melakukan suatu pekerjaan. jadi mereka menganggur secara nyata dan sepenuh waktu, oleh karena itu dinamakan pengangguran terbuka. 
  • pengangguran tersembunyi
pengangguran ini terjadi pada sektor pertanian dan jasa. dibanyak negara berkembang seringkali didapati bahwa jumlah tenaga kerja lebih banyak dari yang sebenarnya diperlukan supaya ia dapat menjalankan kegiatannya dengan lebih efisien. kelebihan tenaga kerja digolongkan kedalam pengangguaran tersembunyi

  • pengangguran bermusim
pengangguran ini terutama terdapat pada sektor perikanan dan pertanian. pada musim hujan nelayan tidak dapat melakukan pekerjaan mreka dan terpaksa menganggur.
  • setengah menganggur
para penganggur ini tidak bekerja sepenuh waktu. mreka mungkin hanya bekerja satu hingga dua hari dalam seminggu.

0 komentar: