Minggu, 17 Juni 2012

Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah masalah makro ekonomi dalam jangka panjang. setiap negara mempunyai kesempatan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi oleh karena faktor faktor produksi bertambah dari satru periode ke periode lainnya dan oleh karena pendapatan nasional dapat ditingkatkan. akan tetapi blum tentu perkembangan yang berlaku dapat mencapai potensi pertumbuhan yang dapat diwujudkan. apabila hal ini berlaku, masalah penggangguran dapat menjadi semakin serius. keadaan seperti ini dapat dilihat dalam perekonomian yang mengalami pertumbuhan yang lambat.  
pertumbuhan ekonomi mempunyai arti yang sedikit berbeda dengan pembangunan ekonomi. pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan PDB/PNB rill. sedangkan pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam aspek lain dalam perekonomiann seperti perkembangan pendidikan, perkembangan kemahiran tenaga kerja, perbaikan teknologi dan kenaikan dalam taraf kemakmuran masyarakat. Pembangunan ekonomi hanya berlaku apabila pendapatan per kapita mengalami kenaikan secara berkepanjangan.

Tingkat pembangunan ekonomi dan taraf kemakmuran masyarakat yang dicapai biasanya diukur oleh data pendapatan perkapita nominal. pada saat ini, utntuk mengukur taraf kemakmuran masyarakat ditentukan juga per kapita PPP. pendapatan perkapita nominal dihitung dengan formula : PDB dibagi dengan jumlah penduduk dan dinilai dalam dollar US. sedangkan pendapatan perkapita PPP. disesuaikan dengan menggunakan  tingkat harga yang berlaku di amerika serikat dalam membandingkan pendapatan perkapita berbagai negara.

beberapa teori telah dikemukakan yang menerangkan mengenai hubungan diantara berbagai faktor produksi dengan pertumbuhan eonomi. pandangan teori teori tersebut diringkaskan dibawah ini :
  • teori klasik : menekankan tentang pentingnya faktor faktor produksi dalam menaikan pendapatan nasional dan mewujudkan pertumbuhan. akan tetapi yang terutama diperhatikan ahli ekonomi kalsik adalah peranan tenaga kerja. meurut mreka taenaga kerja yang berlebihan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

  • teori schumpeter : menekankan tentang peranana usahawan yang akan melakukan inovasi dan investasi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi. 

  • teori harrod-domar : menunjukan peranan investasi sebagai faktor yang menimbulkan pertambahan pengeluaran agregat. teori ini pada dsasarnya menekankan peranana segi permintaan dalam mewujudkan pertumbuhan.

  • teori neo-klasik : melalui kajian empirical teori ini mewujudkan bahwa perkembangan teknologi dan peningkatan kemahiran masyarakat merupakan faktor yang terprnting yang mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

hambatan hambata terpenting dalam mempercepat pembangunan ekonomi di negara berkembang ialah :
  • kegiatan sektor pertanian masih tetap tradisional dan pproduktivitasnya sangat rendah.
  • kebanyakan negara mengahapi masalah kekurangan dana modal dan barang modal (peralatan produksi)yang modern.
  • tenaga terampil,terdidik dan keahlian keusahawan penawarannya masih jauh dibawah jumlah yang diperlukan.
  • perkembangan penduduk sangat pesat.
  • berbagai masalah institusi, sosial, kebudayaan dan politik sering dihadapi.

peran pemerintah dalam mempercepat pembangunan ekonomi ialah :
  1. mendiversifikasikan kegiatan ekonomi.
  2. mengembangkan infrastruktur.
  3. meningkatkan tabungan dan investasi.
  4. meningkatkan taraf dan pendidikan.
  5. mengembangkan institusi yang menggalakan pembangunan.
  6. merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi.

0 komentar: